Pengaruh Attitude Towards Environmental, Subjective Norms, dan Perceived Behavioral Control Terhadap Green Product Adoption Dengan Green Product Adoption Intention Sebagai Variabel Mediasi

Authors

  • Bianka Andriyani Program Studi Manajemen STIE YKPN Yogyakarta
  • Amazing Grace Torey Program Studi Manajemen STIE YKPN Yogyakarta
  • Febriana Wahyu Setyaningrum Program Studi Manajemen STIE YKPN Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.59261/inkubis.v6i1.83

Keywords:

Attitude towards environmental, subjective norms, perceived behavioral control, green product adoption intention, green product adoption.

Abstract

Permasalahan lingkungan yang semakin kompleks mendorong konsumen untuk beralih ke produk ramah lingkungan (green product). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh attitude towards environmental (ATE), subjective norms (SN), dan perceived behavioral control (PBC) terhadap green product adoption (GPA) dengan green product adoption intention (GPAI) sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari 100 responden. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS dan AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ATE, SN, dan PBC memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap GPAI. GPAI juga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap GPA. Temuan ini menunjukkan bahwa GPAI merupakan variabel mediasi yang penting dalam hubungan antara ATE, SN, PBC, dan GPA. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan ATE, SN, dan PBC untuk meningkatkan GPAI dan GPA.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-07-25