Pengaruh Attitude Towards Environmental, Subjective Norms, dan Perceived Behavioral Control Terhadap Green Product Adoption Dengan Green Product Adoption Intention Sebagai Variabel Mediasi
DOI:
https://doi.org/10.59261/inkubis.v6i1.83Keywords:
Attitude towards environmental, subjective norms, perceived behavioral control, green product adoption intention, green product adoption.Abstract
Permasalahan lingkungan yang semakin kompleks mendorong konsumen untuk beralih ke produk ramah lingkungan (green product). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh attitude towards environmental (ATE), subjective norms (SN), dan perceived behavioral control (PBC) terhadap green product adoption (GPA) dengan green product adoption intention (GPAI) sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan data primer yang diperoleh dari 100 responden. Data dianalisis dengan menggunakan SPSS dan AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ATE, SN, dan PBC memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap GPAI. GPAI juga memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap GPA. Temuan ini menunjukkan bahwa GPAI merupakan variabel mediasi yang penting dalam hubungan antara ATE, SN, PBC, dan GPA. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya meningkatkan ATE, SN, dan PBC untuk meningkatkan GPAI dan GPA.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Inkubis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.