Integrasi Pendidikan Kewargaan Global dalam Program Enrichment Sekolah di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.59261/inkubis.v6i2.110Keywords:
Global Citizenship Education;, enrichment program;, kompetensi global;, pendidikan indonesia;, kewargaan multikulturalAbstract
Pendidikan abad ke-21 menuntut peserta didik untuk menguasai kompetensi global, termasuk kesadaran multikultural, solidaritas, dan tanggung jawab sebagai warga dunia. Global Citizenship Education (GCE) dipandang sebagai kerangka strategis untuk membekali generasi muda menghadapi tantangan global seperti perubahan iklim, hak asasi manusia, dan keadilan sosial. Namun, di Indonesia integrasi GCE masih terbatas, terutama pada ranah enrichment sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis sejauh mana integrasi GCE dapat diterapkan dalam program enrichment sekolah di Indonesia, (2) mengidentifikasi peluang dan tantangan implementasi GCE, serta (3) menawarkan model konseptual integrasi yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan nasional. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus pada tiga sekolah menengah di Cirebon dan Bandung. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, kemudian dianalisis menggunakan model interaktif Miles & Huberman dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa SMP lebih tertarik pada isu lingkungan lokal (70%), sedangkan siswa SMA lebih fokus pada isu global seperti hak asasi manusia dan keadilan sosial (75%). Hambatan utama integrasi GCE meliputi kompetensi guru (40%), keterbatasan infrastruktur digital (30%), kurangnya dukungan kebijakan (20%), dan rendahnya literasi siswa (10%). Model konseptual yang diusulkan menekankan kurikulum adaptif, pelatihan guru berbasis global competence, serta kolaborasi lintas sekolah melalui proyek sosial transnasional. Integrasi GCE melalui program enrichment berpotensi memperkuat kompetensi global siswa, namun membutuhkan dukungan sistematis dalam aspek kebijakan, sumber daya manusia, dan infrastruktur pendidikan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Inkubis : Jurnal Ekonomi dan Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NoDerivatives 4.0 International License.



