Studi Kualitatif Tentang Perilaku Konsumen dalam Memilih Produk Lokal

Authors

  • Lintang Mulyadi Universitas Islam Bunga Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.59261/inkubis.v7i1.106

Keywords:

perilaku konsumen;, produk lokal;, consumer ethnocentrism;, keputusan pembelian;, grounded theory

Abstract

Era globalisasi telah mengubah pola konsumsi masyarakat dengan penetrasi produk internasional yang masif. Namun, tren consumer ethnocentrism dan sustainable consumption mendorong minat konsumen terhadap produk lokal. Fenomena ini memerlukan pemahaman mendalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk lokal. Mengeksplorasi secara mendalam perilaku konsumen dalam memilih produk lokal dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian tersebut. Penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded theory melibatkan 18 konsumen dari berbagai demografi di Jakarta, Yogyakarta, dan Surabaya. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan focus group discussion. Analisis data menggunakan metode constant comparative analysis. Teridentifikasi 5 tema utama yang mempengaruhi perilaku pemilihan produk lokal: (1) Nasionalisme ekonomi dan kebanggaan identitas; (2) Persepsi kualitas dan value for money; (3) Aksesibilitas dan ketersediaan produk; (4) Pengaruh sosial dan tren lifestyle; (5) Kesadaran lingkungan dan sustainability. Konsumen mengembangkan kerangka kerja pengambilan keputusan yang mengintegrasikan aspek emosional, rasional, dan sosial dalam memilih produk lokal. Perilaku konsumen dalam memilih produk lokal dipengaruhi oleh interaksi kompleks antara faktor intrinsik (nilai personal, identitas) dan ekstrinsik (kualitas produk, pengaruh sosial). Temuan menghasilkan model integratif Local Product Choice Behavior yang dapat digunakan untuk pengembangan strategi pemasaran dan kebijakan ekonomi nasional.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-10-24